Rabu, 20 Agustus 2014

budaya yang terlupakan

"memanfaatkan lima keadaan sebelum datangnya lima; masa hidup sebelum datang matimu, masa sehatmu sebelum sakitmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa muda sebelum masa tuamu dan masa kayamu sebelum masa fakirmu”

seperti biasa ba'da dzuhur saya tiduran sambil mainin HP gak jelas,serinya sih main game kalo ngga nonton .haha sambil nunggu setengah tiga untuk berangkat kekampus, awalnya sih tidurannya doank, eh tenyata ketiduran sampai jam 02.26.





bangun tidur buru-buru cuci muka walaupun masih beler. pake celana panjang hitam, langsung makan siang pake naget gosong.hehe. pengennya sih mau bikin nasi goreng, kuahnya sop buntut,beh enaknya maknyos,,tapi kalo bikin bisa-bisa gak kuliah saya cuy,hee saya sih orangnya lebih mengutamakan ilmu dari pada makan. walaupun kadang sering mengutamakan makan dari pada kuliah, gak tau hari ini lgi  kesurupan apa ya.haha

saatnya berangkat. oh iya lupa pake baju, masa kuliah celanaan doank,  ketika semuanya udah siap dari ujung rambut sampai ujung kaki, lets go dengan semangat 45 berangkat kekampus,

diperjalanan yang saya pikikirkan hanya "kira-kira dosennya udah dateng belom ya" biasanya dosen sih telat kaya minggu kemaren,  diindonesia kurang afdhol kalo ngga telat, ketika kuliah di jogja aja ada dispensasi 10 ato 15menit untuk yang telat.haha. ya begitulah telat ibaratkan lauk pauk pada nasi. garam pada sayur. bumbu pada makanan, walah ko ngebahas makanan lagi ya..lebay ya..walaupun dugaan saya dosen bakal telat, saya naik motor tetep ngebut tapi alhamdulillah masih selamat dan semoga selalu selamat kalo ngebut,haha orang ngebut itu menghargai waktu.wkwkwk

ternyata dugaan saya salah, dosen sudah berada dikelas tepat waktu sambil mengajar , saya pun langsung masuk kelas (alhamdulillah dibolehin masuk) dan duduk di kursi paling belakang. tiba-tiba temen saya disamping menyuruh saya duduk kedepan. saya pun keheranan, lho kenapa? "untuk menghorati dosen. kurang sopan kalo telat itu langsung duduk di belakang"  saya pun serentak langsung berpindah duduk ke depan"  

saya merenungkan bahwasanya ini adalah sesuatu  adat yang langka terlebih lagi di dunia perkuliahaan, ketika kuliah di jogja saya biasa kalo telat duduk dibelakang, yang suka duduk dibelakang biasanya suka telat ,hayo ngaku.wkwkw piss,  ternyata saya selama ini sibuk mempelajari adat budaya orang lain, padahal adat budaya sendiri saja saya kurang tau, terkhusus apa yang telah terjadi tadi adalah satu kesalahan yang harus diperbaiki. satu lagi yang sangat mengagumkan.ketika dosen selesai mengajar biasanya mahasiswa sebelum keluar mereka berjejer bersalaman dan mencium tangan dosen terlebih dahulu,mantaaap 

banyak orang yang belajar dan menyibukkan dirinya dengan ilmu tapi dia melupakan kontribusi akhlak dalam mencari ilmu sehingga ilmu tersebut tidak barokah, para sahabatpun mereka mempelajari adab terlebih dahulu sebelum ilmu karena dengan beradablah ilmu mudah diraih dan didapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar