Kamis, 13 Maret 2014

Berkas-Berkas yang yang harus dilengkapi ketika antum lulus Di Universitas Islam Madinah

"horee..horeee lulus di Universitas islam madinah..asyeeeek asyeek"

lulus dimadinah? eits. jangan seneng dulu, masih ada tahapan selanjutnya yang bakal bikin pusing,yaitu melengkapin berkas yang akan dikumpulkan ke jam'iyah arrahmah, kalo gak sabar nte bisa stress,ngeluh dll,karna sudah banyak yang terbukti.hahhaa  masih gak peecaya?buktikan aja sendiri :D


diantara berkas yang nte perlukan diantaranya :



1.fotocopy ijazah (yang ada nilai belakanng)
 kalo masalah ijazah sih masih lumayan gampang,harus ingat ijazahnya harus di legalisir sekolah,jangan cuma fotocopy doank ya,hehe. ijazah yang ada gambar garudanya, bukan gambaar burung angsa,tapi kalo nte dari pondok dan pondoknya udah akreditasi Madinah ,monggo pake ijazah pondok juga diperbolehkan



2.fotocopy Akta kelahiran
apakah fotocopy akta ini harus dilegalisir juga ke catatan sipil? ,ane kurang faham juga.  kalo punya ane sih ane legalisir biar aman. tapi kalo gak salah temen-temen ada juga yang fotocopy akta kelahiranya ngga di legalisir ngga papa ko


3. Dua rekomendasi lembaga atau tokoh
ketika daftar online madinahkan di suruh upload 2 rekomendasi tokoh ato lembaga kan?,itu disimpen jangan sampai hilang, kalo nte sibuk gak sempet ato susah minta rekomendasi lagi, bisa pake rekomendasi lama kaya ane.hahaa tapi kalo bisa diperbaharui ya :D


4.Paspor
nah, ini juga harus disiapin jauh-jauh hari, jangan sampai "nembak",beh mahalnya selangit bro,mending buat makan kenyang tuh, mebuat paspor gak harus di tempat kelahiraan kita, dimanapun bisa,ane aja bikinnya di jogja walaupun ane asli orang kalimantan,biaya pembuatan pasport sekitar 260ribu,kalaw nte sudah kuliah maka harus minta surat kuliah dari Kampus tersebut.
 pengen buat paspor di jogja? klo bisa datangnya pagi-pagi, masalahnya kalo sudah agak siang. penuhnya luar biasa. dan ingat nama paspor "HARUS 3 SUKU KATA"misal nama saya "luthfil Aziman" nama Ayah saya "muhammad Effendi" ntar di paspor jadi "luthfil Aziman Effendi" tapi kalo nama nte udah 3 suku kata,jangan ngotot sama petugasnya minta ditambahin nama bapak ato kakek, ntar dimaharin sama petugasnya kaya ane , padahal petugasnya cewe lho,muda lagi, tenyata galaknya minta ampun. kalo ente ngumpulin berkas (pasport) cuma 2 nama ke Jam'iyyah Ar-rahmah, ntar pasti disuruh nambahin supaya 3 suku kata, kan kasian nte'nya.


5.Rekomendasi Kemenag
nah ini yang agak ribet, tiap daerah punya peraturan sendiri-sendiri,kalo di jogja harus ada surat permohonan dari individu ato sekolah / lebaga (katanya permohonan sekolah lebih akurat), kalo bisa nte datang ke sekolah nte dulu,ntar minta buatin "surat permohoman sekolah" agar kemenag mau buatin surat rekomendasi,  kalo di daerah lain ane kurang tau ya. katanya sih ribet. kecuali nte punya kenalan orang dalem itu beda lagi ceritanya. temen ane kan orang jogja,dapet rekomendasi sekolah dari jogja, tapi minta rekomendasinya ke Kemenag magelang karna dia orang magelang. di tolak mentah-mentah bro. disuruh ke jogja karna dia sekolahnya di jogja.haduh kasian bangetkan.


6.SKCK
nah ini juga tiap daerah beda peraturan, ada yang bikin di polres tapi ada juga yang disuruh dibikin di polda dan dikasih pengantar dari polres dengan alasan klo mau ke luar negri harus dari polda.tapi ane bikin di polres, di SKCK ane juga di cantumin pembuatan skck untuk melanjutkan studi di universitas islam madinah. tergantung nte aja pintenr-pinter ngomong.hehe yang pentingkan ada rumus sidik jari,ntar juga SKCKnya diterjemahin ke bahasa arab toh.


7. Foto Bacround terang
untuk foto ukurannya 4x6  cetak aja 40 lembar backrounya putih. harus diingat kalo foto jangan pake tutup kepala. baik itu topi, peci,bahkan panci ato ember. DILARANG.temen ane ngumpulin photo pake peci songkok. malah disuruh photo ulang bro. mana di jakrta mahal lagi cetak photo.hehe

8.Isy'ar qobul
ini adalah bukti kalo kita benar-benar lulus dimadinah. jangan sampai lupa pasword application no. karna nanti isy'ar qobul bisa di download lewat sini http://admission.iu.edu.sa/IuAbroadInquery.aspx




semua berkas kalo bisa DI FOTOCPY yang banyak, kali aja ntar sewaktu-waktu ada hal yang tak terduga.  ketika mengumpulkan berkas ke Yayasan Jami'iah Ar-rahmah "HARUS BAWA BERKS ASLINYA" karena yang asli itu juga dikumpul. nanti berkas-berkas kita di terjemahin ke Bahasa arab


Kalo ada yang salah silahkan dibenerin bro,asal jangan ngaco-ngaco aja,,haha

dibawah ini contoh-contoh berkas punya ane





                                                                   


ijazah

akta kelahiran




2 Rekomendasi (lembaga atau tokoh)



pasport


Rekomendasi Kemenag



SKCK



Isy'ar qobul












8 komentar:

  1. mksih kakak infonya....

    BalasHapus
  2. kang itu terjemahnya dmana? Bayar ga??

    BalasHapus
  3. Gan kalo skck tuj cukup dari polsek ya? Kalo ya terjemahannya apakah mencantumkan bahwa skck itu dari polda atau polsek?

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum mau tanya akhi, kalo ijasah un (negara) diterjemahin ke dlam bhasa arab juga ?

    BalasHapus
  5. Apakah rekomendasi dari kemenag tdk perlu di terjemahkan?

    BalasHapus